Friday, August 13, 2010

Vocaloid: Bukti Orang Jepang Ngga Napak di Bumi



Pernah dengar kata Vocaloid? Cek di wiki. Wah, sempat uring-uringan beberapa hari gara-gara berasa ketinggalan jamaaan bangeeets baru tau ada Vocaloid. Vocaloid itu software yang bisa bikin sintesis suara manusia bikinan Yamaha. Jadi, bukan cuma instrumen musik yang bisa disintesis, suara manusia pun bisa disintesis loh.


Berkat Vocaloid, banyak perusahaan musik bisa bikin Virtual Idol, salah satunya Hatsune Miku yang di gambar atas ini. Hatsune Miku ini "hidup" berkat kreativitas Crypton Future Media. Suaranya berasal dari sampel suara Saki Fujita.
Cewek virtual ini bisa nge-dance, bahkan "live show" di Animelo Summer Live 2009 dan Anime Festival Asia di Singapura 2010. Hebat, mpe konser ke luar negeri.
Miku punya banyak fans dan sampai ada tuh fans klub-nya. Karena sering nongkrong di urutan atas chart musik Jepang, dibuat berbagai versi "kloning"-nya. Mulai dari suara soft, dark, mpe suara chibi yg imut. Berjejer para virtual idol, ada yang cewek, cowok, anak kecil, bahkan ada yang kembar. Idiiih...mpe ratusan!
Heran deh gw, orang Jepang suka sama cewek yang ngga nyata (bukan makhluk gaib tapinya). Bukti kalo mereka itu hidup di DUNIA LAIN, mungkin mereka dah punya mesin waktu Doraemon jadinya mereka dah tau teknologi 100 tahun ke depan. Hi hi hi.... Tapi gara2 Miku aku jadi penasaran ma Vocaloid dan nyariin mp3 para Vocaloid di internet. Bagus-bagus loh ternyata, perfecto! Nih liat aja list donlot-nya disini. Ngga nyangka kalo itu semua palsu. Hmmm... atau kita memang udah bosen sama kepalsuan di dunia nyata jadi terobsesi bikin sesuatu yang I D E A L?

No comments: